Sabtu, 05 September 2009

Tim Dokter Indonesia Sudah Terapkan Terapi Adult Stem Cell

Siapa bilang Indonesia tertinggal di bidang bioteknologi? Pada bulan puasa kemarin, tim dokter Indonesia melakukan terapi sel batang dewasa alias adult stem cell di Jakarta. “Terapi dilakukan pada dua kasus jantung. Kandidat adalah penderita recent infarction , diambil recent infarction karena diharapkan masih ada mediator inflamasi (sitokin) yang akan mempermudah sel stem cell untuk homing,” jelas Prof.Samsuridjal Djauzi Ketua Tim Terapi Stem Cell Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (RSCM-FKUI) dalam emailnya yang diteruskan Arief Budi Witarto, ahli biofisika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kepada Netsains.

Proses terapi dilakukan oleh tim RSCM bersama Rumah Sakit Rumah Sakit Kanker Dharmais (RSKD), sedangkan pemberian terapi sel batangnya dilakukan melalui kateter koroner di RSCM dan Medistra.

Terapi ini bisa juga berlaku bagi penderita diabetes, namun yang siap justru adalah calon pasien jantung. Meurut Syamsuridjal, mungkin karena pasien penderita jantung sudah pernah mendengar tentang terapi stem cell lebih dulu. Selain itu persetujuan dari komite etika bagi terapi ini baru berlaku untuk kasus jantung. Saat ini prosesnya mencapai tahap pemenuhan standar, dimana jumlah sel CD4, yakni semacam sel darah putih atau limfosit mencapai taraf tertentu sehingga tidak menimbulkan efek samping. Hasil akhir perbaikan suplai energi kimiawi ke otot jantung alias miokard baru akan dapat dievaluasi sekitar satu bulan lagi.

Sudah Pernah

“Sumber sel batang adalah dari diri sendiri, jadi sel batang dewasa, bukan sel batang embrio, sehingga tidak ada masalah dengan etika. Sumber sel batangnya dari sebelah mana, pastinya saya tidak tahu dari mana, tapi dari persiapannya nampaknya dari sumsum tulang,” komentar Arief.

Terapi sel yang pernah dilakukan di Indonesia adalah cangkok sumsum tulang sejak 15 tahun lebih yang lalu dan menunjukkan keberhasilan 100 persen. Sayangnya biayanya sangat mahal, sekitar 700 juta Rupiah, sehingga tidak banyak penderita Indonesia yg dapat mengakses. Selain berharap untuk keberhasilan uji coba pertama ini di Indonesia, kita juga berharap semoga biaya terapi stem cell di Indonesia bisa murah nantinya, karena manfaatnya yang besar. - 19 Oktober 2007

Sumber :

Merry Magdalena

http://netsains.com/2007/10/tim-dokter-indonesia-sudah-terapkan-terapi-adult-stem-cell/

6 September 2009


Tidak ada komentar:

Posting Komentar